Cara Efektif Cegah Haus Berlebih Ketika Berpuasa

Berpuasa pada awal minggu pertama bisa menjadi terasa sulit sebab tubuh belum terbiasa. Sering kali kita merasa haus yang sangat berlebihan, utamanya pada siang hari ketika sedang melakukan berbagai aktivitas. Untuk menanganinya, anda bisa melakukan beberapa hal berikut  ini pada saat makan sahur dan waktu buka puasa.

Rasa haus yang memandel ketika berpuasa ini ternyata dapat dicegah. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan seperti halnya konsumsi air 8 gelas setiap harinya dan banyak banyak untuk mengonsumsi sayur dan buah.

1. Konsumsi air putih 8 gelas per hari

Aturan untuk mengonsumsi 8 gelas air per harinya ini  diketahui bisa menjadikan tubuh terhidrasi. Ketika bulan Ramadan kebiasaan baik juga harus tetap dilakukan. Anda pun juga bisa membagi waktu minum dengan 2 gelas ketika berbuka, 4 gelas ketika malam hari, serta 2 gelas pada saat sahur.

2. Hindari makanan pedas dan asin

Pakar ahli gizi menyatakan bahwa dengan konsumsi makanan asin akan meningkatkan kebutuhan air serta menjadikan perut kembung. Sementara itu, untuk konsumsi makanan pedas juga bisa menjadikan kita lebih cepat haus. Alangkah lebih baik bila kita memilih makanan yang dicerna tubuh lebih lama seperti sayur bayam, gandum, dan almond.

3. Konsumsi sayur dan buah

Buah dan sayur ini memiliki kandungan serat dan air yang sangat tinggi. Hal ini menjadikan sistem pencernaan kita lebih sehat dan bisa untuk mengurangi rasa haus ketika berpuasa. Anda bisa mencoba untuk konsumsi buah ketika sahur maupun pada saat berbuka puasa.

4. Konsumsi jus

Jus kemasan memang banyak dipilih sebab menawarkan kepraktisan. Akan tetapi alangkah lebh baik bila anda tetap konsumsi jus buah yang masih segar sebab lebih menyehatkan. Jus buah dalam kemasan ini mungkin sangat tinggi kandungan gula sehingga menjadikan tubuh lebih cepat merasa haus.

5. Minum air es

Konsumsi pada saat berbuka memanglah sangat menggoda, akan tetapi yang perlu diingat ialah air es tidak bisa menghilangkan rasa haus. Air es ini justru akan memicu pembuluh darah dan berkontraksi yang menyebabkan gangguan pencernaan.

Leave a Comment